A Book Review!

Alhamdulillah... seneng rasanya jika sesuatu yang kita tulis bisa bermanfaat untuk orang lain.
Bahagianya dapat review buku Hearty Complaint Handling yang ditulis oleh salah satu tenaga pengajar di SMA Muhammadiyah 10 Gresik

@Regrann from @dini.ardianty -

Menangani komplain tanpa ilmu ibarat maju perang tanpa senjata.Bunuh diri namanya. - Agni S. Mayangsari
.
Kita sering melakukan komplain ketika barang atau jasa yang telah kita beli atau gunakan tidak sesuai dengan ekspektasi dan janji yang diberikan. Tapi, pernahkah kita berpikir bagaimana cara kita menangani komplain ketika kita berada berperan sebagai penyedia barang atau jasa?
.
Beberapa hari yang lalu saya menemukan buku ini tersimpan rapi di lemari. Saya sebetulnya sudah memilikinya setahun yang lalu, tapi karena saya adalah pembaca yang malas dan lebih tertarik dengan buku fiksi, akhirnya buku cantik ini belum juga saya baca.
.
Saya kemudian memutuskan untuk membaca buku berjudul 'Hearty Complaint Handling' karena merasa bahwa saya butuh ilmu cara menangani komplain yang akhir-akhir ini sering saya terima setelah memutuskan mencoba peruntungan berwirausaha. Bagaimanapun, prinsip 'pembeli adalah raja yang selalu benar' harus kita hadapi dengan bijak, agar tidak ada salah satu pihak yang merasa dirugikan.
.
Awalnya, saya mengira buku ini sama dengan buku 'how to' lainnya, penuh dengan teori ini itu yang berujung pada pertanyaan 'lalu solusinya apa?' dari pembaca yang tak kunjung terjawab hingga halaman terakhir habis.
Nyatanya saya salah, alih-alih tips yang teoritis, penulis seolah mengajak pembaca berdialog mengenai kejadian yang sering kita temui sehari-hari. Contoh kasus yang diberikan pun sangat sederhana dan tidak mengada-ada, sangat mudah dimengerti.
.
Selain itu, pembaca diajak memahami pemikiran customer dari tujuan awal mereka mengajukan komplain, hingga apa yang sejatinya ingin mereka terima setelah komplain mereka telah kita respon.
.
Quotes-quotes bijak yang 'mak pleng' ala penulis juga terselip di lembar-lembar buku ini. Seolah memberi motivasi pada pembaca untuk terus meningkatkan performa pelayanan pada customer.
.
Saya sangat jarang, bahkan enggan, membaca buku berbau tips dan motivasi. Tapi berbeda dengan buku ini, saya sangat menyesal baru membacanya sekarang.
Buku ini sangat mudah dimengerti, seperti materi-materi yang disampaikan Bu @hearty_service dalam tiap pelatihannya -kalau tidak salah saya sudah 3x mengikuti pelatihan beliau dan saya sangat kagum dengan cara penyampaian yang ... ah, tidak bisa saya jelaskan dengan kata-kata!
.
Sepertinya setelah ini saya harus mencari buku pertama beliau, Hearty Service.
.
Saya merekomendasikan buku ini untuk siapa saja yang ingin memperoleh ilmu cara menangani komplain dengan 'elegan'. Tidak terbatas pada pelaku usaha di bidang barang dan jasa, karena semua orang mau tidak mau pasti akan menghadapi komplain -apa pun bentuknya.
.
Terima kasih atas buku yang sangat bermanfaat ini, Bu Mayang! Terima kasih juga sudah memberi kenang-kenangan tanda tangan yang cantik -secantik orangnya.
Semoga kita bisa bertemu di lain waktu.
Sukses selalu dan stay hearty¬†ūüíĖ

.
#HeartyComplaintHandling #heartyservice #AgniSMayangsari #bookworm#booknerd #bibliophile #bookstagramHearty Service - #regrann

No Comments Yet.

Leave a Reply